ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, COMPULSIVE BUYING BEHAVIOR, RELIGIUSITAS, FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU BERHUTANG PADA PEMBELIAN MERCHANDISE KOREAN POP (Studi Kasus Siswa Sekolah Menengah Atas Islam di Kota Semarang)

CHANDRIKA, Zia Aryana and MARWINI, Marwini,(16 September 2022), ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, COMPULSIVE BUYING BEHAVIOR, RELIGIUSITAS, FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU BERHUTANG PADA PEMBELIAN MERCHANDISE KOREAN POP (Studi Kasus Siswa Sekolah Menengah Atas Islam di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of COVER] Text (COVER) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (147kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (147kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (214kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (416kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Arus perkembangan budaya Korea Selatan yang pesat kian menjadi populer di masyarakat dunia. Perkembangan budaya Korea Selatan berakibat budaya Korea Selatan menjadi populer salah satunya adalah K-Pop. Secara perlahan budaya Korea Selatan membawa pengaruh bagi gaya hidup masyarakat Indonesia khususnya generasi Z. Para penggemar akan melakukan segala sesuatu untuk mendapatkan kesenangan dan kepuasan, salah satunya adalah membeli merchandise idola. Namun, kerap kali penggemar membeli merchandise secara berlebihan. Hal tersebut tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, karena aktivitas berbelanja yang berlebihan merupakan tindakan yang boros dan kikir. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh perilaku berbelanja merchandise K-Pop siswa SMA berbasis Islam terhadap perilaku berhutang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis regresi linear berganda. Jumlah responden adalah 100 responden yang beragama Islam, bersekolah di SMA Islam Kota Semarang, dan pernah membeli merchandise K-Pop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan taraf signifikansi < 0,05 pada variabel gaya hidup, compulsive buying behavior, religiusitas, dan financial management behavior.
Keywords : debt behavior, Lifestyle, Compulsive Buying Behavior, Religiosity, Financial Management Behavior, Perilaku Berhutang, Gaya Hidup, Compulsive Buying Behavior, Religiusitas, Financial Management Behavior
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Chandrika Zia Aryana
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:10
Last Modified: 30 Sep 2022 01:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item
View Item