PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN FINANCIAL SLACK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2015 – 2020)

PERDANAPUTRA, Mahardika and HERSUGONDO, Hersugondo,(11 November 2022), PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN FINANCIAL SLACK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2015 – 2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (88kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (570kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung antara Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan yang dimediasi oleh financial slack. Penelitian ini menggunakan ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris & proporsi komisaris independen sebagai variabel independen, menggunakan variabel roa sebagai variabel dependen, dan variabel financial slack sebagai variabel mediasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dengan populasi penelitian perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015 - 2020. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan 98 perusahaan yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan sebagai variabel penelitian. Data diolah dan di analisis menggunakan metode analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan direksi dan proporsi komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, sedangkan ukuran dewan komisaris memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan. Ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, dan proporsi komisaris independen berpengaruh positif terhadap financial slack. Financial slack berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa financial slack tidak dapat memediasi hubungan antara ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris dan proporsi komisaris independen terhadap kinerja perusahaan.
Keywords : Corporate governance, board of directors, board of commissioners, independent commissioners, financial slack, firm performance, Corporate governance, dewan direksi, dewan komisaris, komisaris independent, financial slack, kinerja perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mahardika Perdanaputra
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:05
Last Modified: 28 Nov 2022 06:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item
View Item