ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATIONS, PERCEIVED QUALITY, DAN BRAND LOYALTY TERHADAP MINAT BELI TELEPON SELULER NOKIA (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang)

SETYAWAN, Fery Adhi and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(22 June 2010), ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATIONS, PERCEIVED QUALITY, DAN BRAND LOYALTY TERHADAP MINAT BELI TELEPON SELULER NOKIA (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak) - Published Version
Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (13kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi ketatnya persaingan telepon seluler di Indonesia dengan munculnya berbagai merek baru di pasar. Hal ini berpengaruh terhadap brand value telepon seluler Nokia yang selama ini menjadi pemimpin pasar terus mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari brand awareness, brand associations, perceived quality, dan brand loyalty terhadap minat beli pada telepon seluler Nokia. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang pengguna telepon seluler Nokia di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik non probability sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,325 X1 + 0,187 X2 + 0,247 X3 + 0,255 X4 Dimana variabel minat beli (Y), brand awareness (X1), brand associations (X2), perceived quality (X3), dan brand loyalty (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen minat beli. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel brand awareness, brand associations, perceived quality, dan brand loyalty memang layak untuk menguji variabel dependen minat beli. Angka Adjusted R Square sebesar 0,537 menunjukkan bahwa 53,7 persen variasi minat beli dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 46,3 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : buying intention, brand awareness, brand associations, perceived quality, brand loyalty., minat beli, brand awareness, brand associations , perceived quality, brand loyalty.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:53
Last Modified: 21 Dec 2022 02:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item
View Item