ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUZAKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN PATI

DEWI, Novia Rosita and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(15 December 2022), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUZAKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN PATI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (284kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (284kB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (373kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (427kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Zakat dipandang sebagai kepentingan yang dapat memenuhi hajat orang banyak, yaitu pemenuhan kebutuhan ekonomi. Hal ini belum dapat direalisasikan dengan baik karena sistem pengelolaan zakat di Indonesia masih banyak yang menggunakan pembayaran secara langsung ke mustahik dibandingkan dengan membayar zakat melalui lembaga resmi negara, salah satunya Baznas. Hal ini mendorong Baznas untuk menentukan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan muzakki dalam membayar zakat. Kepercayaan, pengetahuan,pendapatan, dan kualitas layanan dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan muzakki dalam membayar zakat di Baznas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan muzakki dalam membayar zakat di Baznas Kabupaten Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 3. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan 110 sampel masyarakat di Kabupaten Pati. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengetahuan dan kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat di Baznas Kabupaten Pati, sedangkan pengetahuan dan pendapatan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membayar zakat di Baznas Kabupaten Pati.
Keywords : Trust, knowledge, income, and service quality., Kepercayaan, pengetahuan, pendapatan, kualitas layanan, dan keputusan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Novia Rosita Dewi
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:10
Last Modified: 28 Dec 2022 04:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11994

Actions (login required)

View Item
View Item