PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN DISKON HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LAYANAN GRABFOOD MELALUI APLIKASI GRAB ( Studi Pada Mahasiswa S1 di Kota Semarang Selama Pandemi Covid-19 )

FARIZI, Munir Al and YOESTINI, Yoestini,(21 December 2022), PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN DISKON HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LAYANAN GRABFOOD MELALUI APLIKASI GRAB ( Studi Pada Mahasiswa S1 di Kota Semarang Selama Pandemi Covid-19 ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (56kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (49kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (112kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembatasan aktivitas masyarakat saat pandemi virus covid 19 memberikan dampak multidimensi, termasuk pada pembatasan kegiatan perekonomian yang dirasakan langsung oleh pengusaha yang mengandalkan keramaian masyarakat untuk menunjang bisnisnya, untuk mengatasi pembatasan tersebut berbagai upaya dilakukan oleh pengusaha restaurant dan UMKM sektor bisnis kuliner diantaranya dengan cara menggunakan teknologi layanan pesan antar makanan secara online . Dengan masifnya penggunaan teknologi tersebut muncullah fenomena persaingan yang begitu ketat antar perusahaan di bisnis layanan pesan antar makanan online , bersaing dalam memberikan kualitas layanan elektronik dan diskon harga untuk menciptakan rasa kepuasan kepada pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari kualitas layanan elektronik dan diskon harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna layanan Grabfood. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner yaitu menggunakan teknik purposive sampling terhadap 100 orang responden pengguna layanan Grabfood di Kota Semarang. Kemudian metode analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas,uji T,uji F,dan uji koefisien determinasi (R2 ). Dimana pengujian data dilakukan menggunakan software IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel yaitu Ease of use ,Processing speed ,Aesthetic design ,Security dan Diskon harga, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2 ), dapat dilihat bahwa nilai R Square (R2 ) sebesar 0,670. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Ease of use,Processing speed,Aesthetic design,Security dan Diskon harga ,mampu menjelaskan variabel kepuasan pelanggan sebesar 67%. Sedangkan sisanya 33% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : E-Service Quality ,Price discount ,Customer satisfaction, E-Service Quality ,Diskon harga ,Kepuasan pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Munir Al Farizi
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:39
Last Modified: 05 Jan 2023 01:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12017

Actions (login required)

View Item
View Item