FARIZI, Munir Al and YOESTINI, Yoestini,(21 December 2022), PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN DISKON HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LAYANAN GRABFOOD MELALUI APLIKASI GRAB ( Studi Pada Mahasiswa S1 di Kota Semarang Selama Pandemi Covid-19 ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (56kB)
Download (56kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (49kB)
Download (49kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (54kB)
Download (54kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (112kB)
Download (112kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pembatasan aktivitas masyarakat saat pandemi virus covid 19 memberikan dampak multidimensi, termasuk pada pembatasan kegiatan perekonomian yang dirasakan langsung oleh pengusaha yang mengandalkan keramaian masyarakat untuk menunjang bisnisnya, untuk mengatasi pembatasan tersebut berbagai upaya dilakukan oleh pengusaha restaurant dan UMKM sektor bisnis kuliner diantaranya dengan cara menggunakan teknologi layanan pesan antar makanan secara online . Dengan masifnya penggunaan teknologi tersebut muncullah fenomena persaingan
yang begitu ketat antar perusahaan di bisnis layanan pesan antar makanan online ,
bersaing dalam memberikan kualitas layanan elektronik dan diskon harga untuk
menciptakan rasa kepuasan kepada pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan untuk menguji pengaruh dari kualitas layanan elektronik dan diskon
harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna layanan Grabfood.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner yaitu menggunakan
teknik purposive sampling terhadap 100 orang responden pengguna layanan
Grabfood di Kota Semarang. Kemudian metode analisis data yang digunakan
meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji normalitas,
uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas,uji T,uji F,dan uji koefisien determinasi
(R2
). Dimana pengujian data dilakukan menggunakan software IBM SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel yaitu Ease of use
,Processing speed ,Aesthetic design ,Security dan Diskon harga, berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji koefisien
determinasi (R2
), dapat dilihat bahwa nilai R Square (R2
) sebesar 0,670. Hal ini
menunjukkan bahwa variabel Ease of use,Processing speed,Aesthetic
design,Security dan Diskon harga ,mampu menjelaskan variabel kepuasan
pelanggan sebesar 67%. Sedangkan sisanya 33% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : | E-Service Quality ,Price discount ,Customer satisfaction, E-Service Quality ,Diskon harga ,Kepuasan pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Munir Al Farizi |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 03:39 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 01:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12017 |