ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT TERDIDIK BERWAKAF TUNAI (STUDI KASUS LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KOTA SEMARANG)

ISMIYATI, Imas and MARWINI, Marwini,(5 January 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT TERDIDIK BERWAKAF TUNAI (STUDI KASUS LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (150kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (260kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keuangan syariah membangun perekonomian dan pemerata kesejahteraan serta pengurangan kemiskinan salah satunya adalah wakaf. Instrumen keuangan syariah ini memiliki angka potensi yang besar tetapi masih belum teroptimalkan dengan baik. Pemanfaatan tanah wakaf mencapai 71% yang didominasi oleh pembangunan tempat ibadah masjid dan mushola. Pemerintah berupaya mengembangkan wakaf produktif di Indonesia dengan diberlakukannya wakaf tunai. Berdasarkan perhitungan potensi wakaf tunai yang dilakukan oleh Nasution (2005) sebesar 3 triliun Rupiah dari jumlah potensi wakaf tunai di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat terdidik berwakaf tunai melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) berasal dari empat Lembaga Amil Zakat yang berbeda diantaranya Dompet Dhuafa, Lazisnu, Lazismu, dan Rumah Zakat. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan metode pengumpulan kuesioner yang melibatkan 100 responden (wakif) dengan menggunakan Puposive sampling dari masyarakat terdidik termasuk mahasiswa, sarjana, dan magister yang bertempat tinggal Kota Semarang. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan faktor-faktor seperti religiusitas, pengetahuan, kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap masyarakat terdidik untuk berwakaf tunai. Terdapat variabel independen religiusitas yang tidak berpengaruh terhadap masyarakat terdidik berwakaf tunai pada Lembaga Amil Zakat. Variabel pengetahuan, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap masyarakat terdidik berwakaf tunai pada Lembaga Amil Zakat (LAZ).
Keywords : UNSPECIFIED, wakaf tunai, religiusitas, pengetahuan, kualitas pelayanan, promosi, Lembaga Amil Zakat (LAZ)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Imas Ismiyati
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:19
Last Modified: 26 Jan 2023 04:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12170

Actions (login required)

View Item
View Item