SUYATNO, Didik and RAHARDJO, Susilo Toto,(19 January 2023), STRATEGI HUBUNGAN PEMASOK DAN PEMBELI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi Kasus pada Perusahaan Farmasi PT. A di Era Pandemi Covid-19). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (196kB)
Download (196kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (79kB)
Download (79kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (17kB)
Download (17kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (280kB)
Download (280kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Strategi hubungan antara pemasok dan pembeli merupakan salah satu faktor
penting dalam mendukung kinerja perusahaan termasuk Industri Farmasi karena
berdampak pada kemampuan pemasok untuk memasok dan memastikan
ketersediaan bahan baku untuk proses produksi dan menjamin pasokan produk jadi
kepada pelanggan. Industri Farmasi menghadapi masalah terkait ketersediaan
bahan baku ini baik dalam segi waktu dan jumlah yang dibutuhkan karena adanya
keterlambatan pasokan dari pemasok (pasokan dan pengiriman bahan baku yang
tidak konsisten), masalah ini semakin diperburuk karena kondisi akurasi dari
ramalan penjualan yang rendah dan berfluktuasi. Fenomena pandemi Covid-19 juga
memperburuk kondisi ketersediaan bahan baku karena pandemi ini menyebabkan
kelangkaan dan terganggunya pasokan bahan baku. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dari hasil wawancara mendalam
dengan narasumber yang representatif dari pihak pembeli dan pemasok. Tujuan
penelitian adalah untuk studi faktor-faktor kunci yang akan berdampak pada
strategi hubungan antara pemasok dan pembeli yang pada akhirnya berkontribusi
pada kelangsungan bisnis dan juga kinerja bisnis perusahaan . Hasil yang diperoleh
dari penelitian kualitatif ini menunjukkan bahwa faktor motif, faktor komitmen dan
tanggung jawab, faktor kepercayaan dan reputasi, faktor hubungan interpersonal,
faktor komunikasi dan berbagi informasi, faktor tata keadilan kontrak, faktor
kualitas dan fleksibilitas, faktor evaluasi kinerja, faktor dukungan manajemen
puncak dan faktor strategi sumber pasokan merupakan faktor penting dalam strategi
hubungan antara pembeli dan pemasok dalam rangka menjamin ketersediaan bahan
baku obat dalam jumlah, ketepatan waktu dan kualitas yang baik yang pada
akhirnya akan memberikan kontribusi terhadap kelangsungan dan kinerja bisnis
perusahaan.
Keywords : | Relationship Strategy, Buyer’s and Supplier’s, Business Performance, Pandemic Covid-19, Pharmaceutical Industry, Strategi Hubungan, Pemasok, Kinerja Bisnis, Pandemi Covid-19, Industri Farmasi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Didik Suyatno |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 08:22 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 08:36 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12193 |