ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2021)

SARI, Citra and HERSUGONDO, Hersugondo,(7 March 2023), ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (81kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (120kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (120kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (149kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja yang diproksikan ROA dan ROE, dan nilai perusahaan yang diproksikan EPS dan Tobin’s Q, dengan reputasi perusahaan sebagai variabel mediasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012 – 2021. Jumlah sampel yang digunakan adalah 43 perusahaan perbankan yang diambil menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 24 bank. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Square (PLS) dengan uji outer model dan inner model menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Analisis Path Coefficient untuk melihat pengaruh langsung variabel independen terhadap dependen. Analisis Specific Indirect Effect untuk melihat pengaruh variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. sedangkan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan. Penelitian ini menunjukan bahwa reputasi dapat memediasi penuh pengaruh tidak langsung secara signifikan positif antara Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan. Reputasi dapat menjadi mediasi pengaruh tidak langsung secara signifikan positif antara Corporate Social Responsibility (CSR) dengan nilai perusahaan yang diproksikan EPS. Namun, reputasi tidak dapat memediasi pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan yang diproksikan Tobin’s Q.
Keywords : Corporate Social Responsibility (CSR), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Financial Performance, Earning per Share (EPS), Tobin's Q, Company Value, Company Reputation, Bank., Corporate Social Responsibility (CSR), Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Kinerja Keuangan, Earning per Share (EPS), Tobin’s Q, Nilai Perusahaan, Reputasi Perusahaan, Bank.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Citra Sari
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:30
Last Modified: 17 Mar 2023 08:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item
View Item