AJI, Diandra Dista and YUNIAWAN, Ahyar,(6 March 2023), STUDI TENTANG KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING BRIMO PADA PELAKU USAHA UMKM (Studi Kasus Kantor Cabang BRI Cirebon Gunungjati). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (235kB)
Download (235kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (334kB)
Download (334kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (229kB)
Download (229kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (239kB)
Download (239kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (466kB)
Download (466kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Era digitalisasi membuat kemajuan pesat pada sistem yang berbasis teknologi dan
informasi terutama terkait dengan transaksi berbasis internet. Kedepannya system
berbasis mobile banking memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan
penyediaan layanan transaksi cashless kepada masyarakat. BRIMO lahir untuk
memenuhi kebutuhan masyrakat dalam bertransaksi cashless. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan
nasabah untuk menggunakan aplikasi BRIMO. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Beberapa faktor yang menentukan
responden dalam memilih untuk mengunakan aplikasi BRIMO antara lain adalah
aktivasi BRIMO tidak langsung dilakukan nasabah saat pembukaan rekening.
Nasabah masih menggunakan smartphone yang memilki fitur basic sehingga
nasabah belum dapat mengaktifkan semua fitur aplikasi BRIMO. Nasabah yang
menjadi Agen BRI LINK kesulitan menggunanakan aplikasi BRIMO yang
disebabkan oleh kesamaan fitur antara aplikasi BRIMO dengan BRILINK Mobile.
Ketidak percayaan diri Nasabah dalam menggunakan aplikasi BRIMO juga
menjadi faktor penyebab tidak digunakannya aplikasi tersebut. Ketidakpercayaan
nasabah terhadap transaksi cashless yang banyak dipengaruhi oleh kestabilan
jaringan internet dimana kestabilan jaringan internet masing-masing daerah
berbeda. Belum terciptanya ekosistem bisnis secara digital menciptakan minimnya
penggunaan aplikasi BRIMO, digambarkan bahwa baik supplier dan konsumen
masih menggunakan system transaksi tunai. Faktor - faktor ini yang menyebabkan
nasabah masih enggan dalam menggunakan aplikasi BRIMO sebagai transaksi
cashless.
Keywords : | BRIMO, Cashless Transaction, Internet Banking, Businessman, BRIMO, Transaksi Non-Tunai, Internet Banking, Pelaku Usaha |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Diandra Dista Aji |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 04:14 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:56 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12463 |