STUDI TENTANG KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING BRIMO PADA PELAKU USAHA UMKM (Studi Kasus Kantor Cabang BRI Cirebon Gunungjati)

AJI, Diandra Dista and YUNIAWAN, Ahyar,(6 March 2023), STUDI TENTANG KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING BRIMO PADA PELAKU USAHA UMKM (Studi Kasus Kantor Cabang BRI Cirebon Gunungjati). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (334kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (239kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (466kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Era digitalisasi membuat kemajuan pesat pada sistem yang berbasis teknologi dan informasi terutama terkait dengan transaksi berbasis internet. Kedepannya system berbasis mobile banking memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan penyediaan layanan transaksi cashless kepada masyarakat. BRIMO lahir untuk memenuhi kebutuhan masyrakat dalam bertransaksi cashless. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan aplikasi BRIMO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Beberapa faktor yang menentukan responden dalam memilih untuk mengunakan aplikasi BRIMO antara lain adalah aktivasi BRIMO tidak langsung dilakukan nasabah saat pembukaan rekening. Nasabah masih menggunakan smartphone yang memilki fitur basic sehingga nasabah belum dapat mengaktifkan semua fitur aplikasi BRIMO. Nasabah yang menjadi Agen BRI LINK kesulitan menggunanakan aplikasi BRIMO yang disebabkan oleh kesamaan fitur antara aplikasi BRIMO dengan BRILINK Mobile. Ketidak percayaan diri Nasabah dalam menggunakan aplikasi BRIMO juga menjadi faktor penyebab tidak digunakannya aplikasi tersebut. Ketidakpercayaan nasabah terhadap transaksi cashless yang banyak dipengaruhi oleh kestabilan jaringan internet dimana kestabilan jaringan internet masing-masing daerah berbeda. Belum terciptanya ekosistem bisnis secara digital menciptakan minimnya penggunaan aplikasi BRIMO, digambarkan bahwa baik supplier dan konsumen masih menggunakan system transaksi tunai. Faktor - faktor ini yang menyebabkan nasabah masih enggan dalam menggunakan aplikasi BRIMO sebagai transaksi cashless.
Keywords : BRIMO, Cashless Transaction, Internet Banking, Businessman, BRIMO, Transaksi Non-Tunai, Internet Banking, Pelaku Usaha
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Diandra Dista Aji
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:14
Last Modified: 05 Apr 2023 06:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12463

Actions (login required)

View Item
View Item