PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BERBAGI PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Karyawan PT Geo Given Visi Mandiri)

RINI, Oi Setia and DARMASTUTI, Ismi,(9 May 2023), PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BERBAGI PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Karyawan PT Geo Given Visi Mandiri). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (130kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (890kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan berbagi pengetahuan terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada karyawan PT Geo Given Visi Mandiri. Variabel independen dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja dan berbagi pengetahuan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan. Variabel mediasi dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja. Populasi yang digunakan adalah karyawan PT Geo Given Visi Mandiri bagian outsourcing manager, dengan jumlah sampel yang sama dengan populasinya yaitu 67 karyawan. Sampel yang digunakan adalah sensus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mendistribusikan kuesioner secara online. Metode analisis data yang digunakkan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3.2.9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berbagi pengetahuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Berbagi pengetahuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja dapat memediasi hubungan tidak langsung lingkungan kerja dan berbagi pengetahuan terhadap kinerja karyawan.
Keywords : Work Environment, Knowledge Sharing, Job Satisfaction, Employee Performance., Lingkungan kerja, berbagi pengetahuan, kepuasan kerja, kinerja karyawan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Oi Setia Rini
Date Deposited: 19 May 2023 07:35
Last Modified: 19 May 2023 07:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item
View Item