ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IMPULSE BUYING PADA E-WALLET DENGAN PERCEIVED ENJOYMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Generasi Z yang beragama Islam di Kota Semarang)

SALWA, Aqmarina Maulida and SANTOSA, Purbayu Budi,(9 June 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IMPULSE BUYING PADA E-WALLET DENGAN PERCEIVED ENJOYMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Generasi Z yang beragama Islam di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (41kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (227kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (227kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (424kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (497kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan adopsi e-wallet memberikan peluang bagi masyarakat cenderung melakukan impulse buying. Penelitian ini mempelajari perilaku pembelian impulsif dari penggunaan e-wallet dengan menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif yang di mediasi oleh perceived enjoyment pada generasi Z yang beragama Islam di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pendekatan non-probability sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan rumus Lemeshow dengan pemenuhan kriteria-kriteria tertentu. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SmartPLS 3.29. Hasil analisis membuktikan bahwa visual appeal, perceived interactivity, dan sales promotion masing-masing secara positif mempengaruhi perceived enjoyment. Subjective norm tidak memiliki pengaruh positif dan tidak berdampak signifikan pada perceived enjoyment penggunaan e-wallet, namun mempengaruhi impulse buying secara positif. Sedangkan visual appeal dan perceived interactivity tidak memiliki pengaruh positif terhadap impulse buying, beda halnya dengan sales promotion yang memiliki pengaruh positif terhadap impulse buying. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa perceived enjoyment dalam menggunakan e-wallet secara positif memengaruhi pembelian impulsif, serta memediasi hubungan visual appeal, perceived interactivity, dan sales promotion. Penelitian ini dapat memberikan implikasi praktis bagi perusahaan e-wallet untuk memperkuat strategi pembelian impulsif mereka.
Keywords : E-wallet, Impulse Buying, Perceived Enjoyment., E-wallet, Impulse Buying, Perceived Enjoyment.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Aqmarina Maulida Salwa
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:53
Last Modified: 27 Jun 2023 03:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12723

Actions (login required)

View Item
View Item