AMBARINGTYAS, Titis Panita and SUKRESNA, I Made,(15 March 2019), DINAMIKA PENERIMAAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA MEDIA CETAK DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF INTERNAL PERUSAHAAN (Studi kasus pada Tabloid Wanita Indonesia dan Femina Group). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Saat ini media cetak mengalami sebuah fenomena kemerosotan
penjualan yang mengakibatkan banyak perusahaan yang bergerak di bidang
ini menutup perusahaannya. Hal tersebut terjadi dikarenakan teknologi
digital yang masuk perlahan menggantikan posisi media cetak yang dahulu
merupakan sebuah wadah utama dalam pencarian berita. Tabloid Wanita
Indonesia dan Femina Group merupakan sebagian dari perusahaan media
cetak yang hingga saat ini masih bertahan. Kedua perusahaan tersebut saat
ini sedang dalam proses mengadaptasi teknologi digital di perusahaannya
masing-masing. Tabloid Wanita Indonesia dan Femina Group saat ini masih
memproduksi media cetak mereka secara rutin. Penelitian ini bertujuan
untuk memahami proses penerimaan teknologi dalam perusahaan media
cetak yang masih bertahan saat ini, memahami faktor pendorong perusahaan
dalam melakukan digitalisasi, memahami faktor-faktor yang menyebabkan
perbedaan jangka waktu dalam proses penerimaan teknologi digital di
Femina Group dan Tabloid Wanita Indonesia, mengetahui kondisi dan
situasi yang sedang dihadapi oleh kedua perusahaan, mengetahui alasan
masih bisa bertahannya kedua perusahaan tersebut di era Digital saat ini dan
mengetahui strategi perusahaan yang diterapkan kedua perusahaan dalam
proses bertahan di Era Digital saat ini.
Penelitian kualitatif ini menggunakan Technology Acceptance Model.
Terdapat empat variabel utama dalam teori tersebut yang mendasari
penggunaan teknologi. Variabel tersebut adalah Perceived Ease of Use,
Perceived Usefulness, Attitude dan akanmembentuk sebuah Behavioral
Intention yang akan berujung pada penggunaan teknologi sesungguhnya.
Untuk menjawab bagaimana perusahaan dapat bertahan saat ini dengan
fenmena yang terjadi, peneliti juga menggunakan Teori manajemen
perubahan dalam perspektif pemasaran.
Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan faktor apa sajakah yang
mendorong kedua perusahaan untuk menerapkan teknlogi digital di kedua
perusahaan tersebut, perbedaan faktor pendorong kedua perusahaan dalam
menerapkan teknologi, alasan yang mempengaruhi tingkat penerimaan
teknologi di kedua perusahaan dan strategi yang digunakan kedua
perusahaan untuk bertahan di era digital dimana kedua perusahaan masih
memproduksi produk cetak mereka.
Keywords : | Kualitatif, teori Technology Acceptance Model, Media Cetak, Media Digital, Digitalisasi, Teori Manajemen Perubahan, UNSPECIFIED |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 05 Jan 2020 23:27 |
Last Modified: | 05 Jan 2020 23:27 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1274 |