PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM, PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Dosen UIN Walisongo Semarang)

SUSANTO, Ayu Diah Putri and MAS'UD, Fuad,(20 April 2023), PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM, PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Dosen UIN Walisongo Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (44kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (66kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (153kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

World Class University (WCU) telah menjadi acuan kualitas suatu universitas sehingga mempengaruhi strategi universitas untuk meraih serta mempertahankan peringkat mereka. Universitas harus dapat mengispirasi para dosen untuk melakukan yang terbaik dan mendorong dosen untuk memenuhi tanggung jawab mereka. Keberadaan dosen merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan sebuah perguruan tinggi melalui Tridharma Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh etika kerja Islam, persepsi dukungan organisasi, dan kepuasan kerja terhadap perilaku kewargaan organisasi perspektif Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap dosen UIN Walisongo Semarang dengan jabatan akademik guru besar dan lektor kepala. Responden terdiri dari 60 dosen dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-7. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima dalam penelitian ini. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara etika kerja Islam, persepsi dukungan organisasi, dan kepuasan kerja dengan perilaku kewargaan organisasi perspektif Islam.
Keywords : Islamic work ethic, perceived organizational support, job satisfaction, organizational citizenship behavior Islamic perspective (OCBIP), higher education, lecturer., Etika kerja Islam, persepsi dukungan organisasi, kepuasan kerja, perilaku kewargaan organisasi perspektif Islam, perguruan tinggi, dosen.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ayu Diah Putri Susanto
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:26
Last Modified: 03 Jul 2023 02:26
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item
View Item