Pengaruh Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus KFC Kota Semarang)

PRASETYO, Puji Yuwanna and DARWANTO, Darwanto,(27 June 2023), Pengaruh Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus KFC Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Abstrak (inggris)] Text (Abstrak (inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (bahasa)] Text (Abstrak (bahasa)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (22kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini berbagai macam produk makanan yang dijual membuat konsumen Muslim haruslah berhati-hati dalam memilih produk terutama produk yang halal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh kesadaran halal terhadap keputusan pembelian dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Keberadaan variabel religiusitas adalah untuk mengetahui apakah dapat memoderasi tingkat kesadaran halal konsumen. Semakin tinggi tingkat religiusitas dapat mempengaruhi sikap kesadaran halal konsumen Muslim dalam membuat keputusan pembelian produk. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen muslim yang pernah membeli produk KFC Di Kota Semarang. Jumlah populasi tidak diketahui dan penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 orang responden dengan pendekatan purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data melalui kuisioner. Analisis dilakukan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden memiliki tingkat kesadaran halal tinggi, dan bahwa pengaruh kesadaran halal terhadap keputusan pembelian adalah positif dan signifikan. Akhirnya, tingkat religiusitas yang tinggi dapat memperkuat pengaruh kesadaran terhadap keputusan pembelian.
Keywords : Halal awareness, Religiosity, Purchase decision, Kesadaran halal, Religiusitas, Keputusan pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Puji Yuwanna Prasetyo
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:04
Last Modified: 10 Jul 2023 06:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12988

Actions (login required)

View Item
View Item