PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN ESG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RISIKO PASAR DAN GCG SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empirik Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)

PUTRA, Bonny Hardi and PANGESTUTI, Irene Rini Demi,(10 June 2023), PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN ESG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RISIKO PASAR DAN GCG SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empirik Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (12kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (227kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (137kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh faktor leverage, profitabilitas, dan lingkungan, sosial, dan tata kelola terhadap nilai perusahaan, dengan risiko pasar dan GCG sebagai variabel moderasi. Dalam penelitian ini dikumpulkan data dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021, dengan total 619 perusahaan. Sampel sebanyak 20 bisnis digunakan, dan metode regresi data panel digunakan untuk analisis data untuk menentukan ada tidaknya korelasi antar variabel. Temuan menunjukkan penggunaan leverage berpengaruh pada nilai perusahaan. Tingkat profitabilitas memiliki dampak menguntungkan dan nyata pada nilai pasar perusahaan. Pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan sama sekali tidak dimoderasi oleh fluktuasi risiko pasar yang diproksikan dengan nilai tukar. Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan bisa dimoderasi oleh nilai tukar. Pengungkapan GCG dapat memoderasi pengaruh antara leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, namun ESG tidak dapat mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan publik yang terdaftar di BEI, pada periode antara 2018 dan 2021.
Keywords : Leverage, Profitability, ESG, Firm Value, Market Risk, GCG., Leverage, Profitabilitas, ESG, Nilai Perusahaan, Risiko Pasar, GCG.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Bonny Hardi Putra
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:26
Last Modified: 24 Jul 2023 02:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12996

Actions (login required)

View Item
View Item