PENGARUH PROMOSI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KETERIKATAN KONSUMEN DENGAN KINERJA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA STARBUCKS INDONESIA

SU’ADA, Riva and YUNIAWAN, Ahyar,(2023), PENGARUH PROMOSI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KETERIKATAN KONSUMEN DENGAN KINERJA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA STARBUCKS INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (118kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (384kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (460kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media Sosial telah menjadi lingkungan yang hampir di mana-mana untuk interaksi manusia. Akibatnya, karena penggunaan Media Sosial menjadi semakin umum, perusahaan saat ini berusaha menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan dan prospek melalui platform Media Sosial. Penelitian ini mengkaji dan mengembangkan pengaruh Promosi dan Media Sosial terhadap variabel Keterlibatan Konsumen melalui Brand Performance dan hubungan strukturalnya, serta akan memberikan arahan strategis spesifik untuk membangun merek yang dimiliki secara kuat di sektor restoran. Penelitian ini menilai pengaruh Promosi dan Media Sosial terhadap Keterlibatan Konsumen dan pengaruh mediasi terhadap Kinerja Merek. Kami menggunakan 100 konsumen Starbucks Indonesia sebagai sumber informasi dalam penelitian ini dengan kriteria melakukan pembelian minimal dua kali dan mengikuti akun media sosial Starbucks Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat perhitungan Smart PLS 3.0. Hasilnya adalah Promotion dan Kinerja Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keterikatan Konsumen. Sedangkan Social Media berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keterikatan Konsumen dengan Konsumen Starbucks Indonesia. Promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Brand Performance. Social Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hasil pengujian lainnya menggunakan analisis Specific Indirect Effect untuk membuktikan pengaruh variabel intervening Kinerja Merek terbukti tidak mampu menjadi variabel intervening antara Promosi dan Keterikatan Konsumen. Namun hasil pengujian analisis Specific Indirect Effect lainnya membuktikan bahwa pengaruh variabel intervening Kinerja Merek terbukti menjadi variabel intervening antara Social Media dan Keterikatan Konsumen.
Keywords : Promotion, Social Media, Customer Engagement, Brand Performance, Promosi, Media Sosial, Keterikatan Konsumen, Kinerja Merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Riva Suada
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:45
Last Modified: 26 Jul 2023 06:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12997

Actions (login required)

View Item
View Item