SU’ADA, Riva and YUNIAWAN, Ahyar,(2023), PENGARUH PROMOSI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KETERIKATAN KONSUMEN DENGAN KINERJA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA STARBUCKS INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (118kB)
Download (118kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (201kB)
Download (201kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (384kB)
Download (384kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (213kB)
Download (213kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (460kB)
Download (460kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Media Sosial telah menjadi lingkungan yang hampir di mana-mana untuk
interaksi manusia. Akibatnya, karena penggunaan Media Sosial menjadi semakin
umum, perusahaan saat ini berusaha menjangkau dan berinteraksi dengan
pelanggan dan prospek melalui platform Media Sosial. Penelitian ini mengkaji dan
mengembangkan pengaruh Promosi dan Media Sosial terhadap variabel
Keterlibatan Konsumen melalui Brand Performance dan hubungan strukturalnya,
serta akan memberikan arahan strategis spesifik untuk membangun merek yang
dimiliki secara kuat di sektor restoran.
Penelitian ini menilai pengaruh Promosi dan Media Sosial terhadap
Keterlibatan Konsumen dan pengaruh mediasi terhadap Kinerja Merek. Kami
menggunakan 100 konsumen Starbucks Indonesia sebagai sumber informasi dalam
penelitian ini dengan kriteria melakukan pembelian minimal dua kali dan mengikuti
akun media sosial Starbucks Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat perhitungan Smart PLS
3.0.
Hasilnya adalah Promotion dan Kinerja Merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Keterikatan Konsumen. Sedangkan Social Media berpengaruh
positif dan tidak signifikan terhadap Keterikatan Konsumen dengan Konsumen
Starbucks Indonesia. Promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
Brand Performance. Social Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja. Hasil pengujian lainnya menggunakan analisis Specific Indirect Effect
untuk membuktikan pengaruh variabel intervening Kinerja Merek terbukti tidak
mampu menjadi variabel intervening antara Promosi dan Keterikatan Konsumen.
Namun hasil pengujian analisis Specific Indirect Effect lainnya membuktikan
bahwa pengaruh variabel intervening Kinerja Merek terbukti menjadi variabel
intervening antara Social Media dan Keterikatan Konsumen.
Keywords : | Promotion, Social Media, Customer Engagement, Brand Performance, Promosi, Media Sosial, Keterikatan Konsumen, Kinerja Merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Riva Suada |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:45 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:16 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12997 |