MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI STRATEGY MAP DAN BALANCED SCORECARD DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Agung Teknik di Kota Semarang)

PRILISKA, Arstianti Dienar and MAHFUDZ, Mahfudz,(27 June 2023), MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI STRATEGY MAP DAN BALANCED SCORECARD DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Agung Teknik di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (102kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (112kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (137kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (144kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (688kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategy maps untuk perusahaan Agung Teknik berdasarkan permasalahan yang dihadapi perusahaan, untuk mengidentifikasi rancangan balanced scorecard yang tepat untuk PT. Agung Teknik, untuk mengetahui strategi bersaing terbaik yang dapat digunakan oleh PT. Agung Teknik untuk dapat bersaing dengan perusahaan persewaan alat berat lainnya di Jawa Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan guna penelitian ini yakni purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dna teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan pada penelitian ini adalah, sebagai berikut: PT. Agung Teknik menghadapi permasalahan ketergantungan pada produk tunggal, rendahnya efisiensi produksi, dan biaya produksi yang tinggi. Untuk mengatasi hal ini, mereka dapat menerapkan beberapa strategi. Pertama, mereka dapat membuka pasar baru atau mengeksplorasi pasar yang belum digarap dengan maksimal melalui strategi map. Selain itu, mereka juga dapat mengembangkan produk baru atau variasi produk dari produk yang sudah ada, serta melakukan diversifikasi produk. Selain itu, perusahaan perlu memperbaiki proses produksi, meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya, meningkatkan kualitas produk, dan melakukan peningkatan teknologi produksi guna mengurangi biaya produksi yang tinggi dan meningkatkan efisiensi produksi. Dengan menerapkan strategistrategi ini, PT. Agung Teknik dapat meningkatkan daya saing dan memastikan kelangsungan usaha perusahaan dalam jangka panjang. PT. Agung Teknik dapat mengadopsi rancangan Balanced Scorecard (BSC) untuk memantau implementasi strategi secara terus-menerus. Dengan menggunakan BSC, perusahaan dapat memastikan bahwa semua aspek penting dalam bisnis terintegrasi dengan baik dalam strategi perusahaan. Tujuan bisnis dapat dicapai secara terarah dan terukur melalui penerapan BSC. Selain itu, penerapan BSC juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis, meningkatkan kepuasan pelanggan, serta meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Dengan demikian, PT. Agung Teknik diharapkan dapat mencapai keberhasilan jangka panjang di pasar melalui adopsi strategi-strategi yang tepat dan pemantauan progres yang terus-menerus melalui BSC.
Keywords : balanced scorecard (BSC), strategy, competitiveness., balanced scorecard (BSC), strategi, daya saing.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arstianti Dienar Priliska
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:47
Last Modified: 21 Jul 2023 01:24
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13060

Actions (login required)

View Item
View Item