PENGARUH ENVIRONMENTAL REPORTING TERHADAP MARKET VALUE DENGAN CUSTOMER-RELATED PERFORMANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan FMCG yang Terdaftar di BEI tahun 2019 – 2021)

SALSABILA, Zadha and DALJONO, Daljono,(15 June 2023), PENGARUH ENVIRONMENTAL REPORTING TERHADAP MARKET VALUE DENGAN CUSTOMER-RELATED PERFORMANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan FMCG yang Terdaftar di BEI tahun 2019 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (116kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

FMCG disebut sebagai salah satu kontributor terbesar dalam permasalahan lingkungan dan pemanasan global yang terjadi karena keterkaitannya yang erat dengan limbah dan polusi industri lainnya. Sementara pelanggan dan pemegang saham memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis FMCG, kesadaran mereka akan permasalahan lingkungan kian meningkat namun tanpa diiringi oleh peningkatan kesadaran perusahaan akan pentingnya peran environmental reporting karena kurangnya bukti empiris yang menunjukkan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan dan nilai pasar. Dengan menggunakan komponen data panel dari 38 perusahaan FMCG di Indonesia periode 2019-2021, penelitian ini bertujuan untuk menguji keterkaitan langsung antara environmental reporting dan market valuesekaligus keterkaitan tak langsung diantara keduanya melalui customer-related performance sebagai mediator. Metode analisis regresi data panel dengan estimator FEM (fixed effect model) dan REM (random effect model) digunakan untuk menguji keterkaitan environmental reporting, customer-related performance, dan market value dalam dua model terpisah. Selanjutnya, uji sobel digunakan untuk menguji peran customer-related sebagai mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh langsung yang positif dan signifikan environmental reporting terhadap market value begitu pula environmental reporting terhadap customer-related performance. Sementara itu, customer-related performance tidak ditunjukkan memiliki peran signifikan dalam memediasi hubungan tak langsung antara environmental reporting dan customer�related performance.
Keywords : FMCG, environmental reporting, customer-related performance, market value, FMCG, environmental reporting, customer-related performance, market valu
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Zadha Salsabila
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:57
Last Modified: 31 Jul 2023 08:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13084

Actions (login required)

View Item
View Item