SALSABILA, Zadha and DALJONO, Daljono,(15 June 2023), PENGARUH ENVIRONMENTAL REPORTING TERHADAP MARKET VALUE DENGAN CUSTOMER-RELATED PERFORMANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan FMCG yang Terdaftar di BEI tahun 2019 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (116kB)
Download (116kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (45kB)
Download (45kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (45kB)
Download (45kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (71kB)
Download (71kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (229kB)
Download (229kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
FMCG disebut sebagai salah satu kontributor terbesar dalam permasalahan lingkungan dan pemanasan global yang terjadi karena keterkaitannya yang erat dengan limbah dan polusi industri lainnya. Sementara pelanggan dan pemegang saham memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis FMCG, kesadaran mereka akan permasalahan lingkungan kian meningkat namun tanpa diiringi oleh peningkatan kesadaran perusahaan akan pentingnya peran environmental reporting karena kurangnya bukti empiris yang menunjukkan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan dan nilai pasar. Dengan menggunakan komponen data panel dari 38 perusahaan FMCG di Indonesia periode 2019-2021, penelitian ini bertujuan untuk
menguji keterkaitan langsung antara environmental reporting dan market valuesekaligus keterkaitan tak langsung diantara keduanya melalui customer-related performance sebagai mediator.
Metode analisis regresi data panel dengan estimator FEM (fixed effect model) dan REM (random effect model) digunakan untuk menguji keterkaitan environmental reporting, customer-related performance, dan market value dalam dua model terpisah. Selanjutnya, uji sobel digunakan untuk menguji peran customer-related sebagai mediasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh langsung yang positif dan signifikan environmental reporting terhadap market value begitu pula environmental reporting terhadap customer-related performance. Sementara itu, customer-related performance tidak ditunjukkan memiliki peran signifikan dalam memediasi hubungan tak langsung antara environmental reporting dan customer�related performance.
Keywords : | FMCG, environmental reporting, customer-related performance, market value, FMCG, environmental reporting, customer-related performance, market valu |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Zadha Salsabila |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 04:57 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 08:38 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13084 |