PENGARUH CELEBRITY ENDORSER KOREA SELATAN PADA BRAND EQUITY DENGAN BRAND CREDIBILITY DAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PENGGUNA PRODUK WHITELAB)

WARDHANI, Hernita Wisnu and SUKRESNA, I Made,(14 July 2023), PENGARUH CELEBRITY ENDORSER KOREA SELATAN PADA BRAND EQUITY DENGAN BRAND CREDIBILITY DAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PENGGUNA PRODUK WHITELAB). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (33kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Selebriti seringkali digunakan oleh perusahaan untuk mengenalkan produk atau layanan yang ditawarkan. Produk atau layanan tersebut dapat berupa rilisan terbaru maupun yang sudah ada. Whitelab menambah daftar panjang merek lokal yang mengikuti fenomena Korean Wave dengan berkolaborasi dengan Sehun, anggota boygroup EXO asal Korea Selatan. Selebriti endorser yang kredibel diharapkan dapat berdampak pada ekuitas merek. Penelitian dilakukan terhadap 200 responden melalui kuesioner kuantitaif dengan pertanyaan tertutup yang memiliki skala likert 1-5. Analisis penelitian dilakukan dengan metode Structural Equation Model (SEM) menggunakan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selebriti endorser tidak berpengaruh langsung terhadap ekuitas merek, namun melalui pengaruh dari kredibilitas merek. Selebriti endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredibilitas merek dan citra merek. Ditemukan bahwa citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek. Dengan ini, kredibilitas merek secara positif memengaruhi gagasan konsumen serta membantu meningkatkan nilai merek.
Keywords : Celebrity endorser, brand image, brand credibility, brand equity, Korean wave, Selebriti endorser, citra merek, kredibilitas merek, ekuitas merek, Korean wave
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Hernita Wisnu Wardhani
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:10
Last Modified: 02 Aug 2023 03:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13121

Actions (login required)

View Item
View Item