PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2017-2021)

RISKI, Ina Alfira and PRASETIONO, Prasetiono,(22 August 2023), PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2017-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (135kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (131kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (144kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Pengungkapan corporate social responsibility diukur melalui tiga dimensi yakni kinerja lingkungan (Environmental disclosure score), kinerja sosial (Social disclosure score) dan tata kelola (Government disclosure score) kemudian nilai perusahaan diukur dengan rasio price book value (PBV). Sementara profitabilitas diproksikan melalui Return on Assets (ROA). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2017-2021 dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling non probability dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bloomberg. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan persamaan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SMART-PLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kinerja Sosial (Social disclosure score) mempengaruhi nilai perusahaan secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sementara itu, variabel Kinerja Lingkungan (Environmental disclosure score) dan Tata Kelola (Governance disclosure score) berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel Profitabilitas tidak mampu memperkuat pengaruh antara variabel Kinerja Lingkungan (Environmental disclosure score), Kinerja Sosial (Social disclosure score) terhadap nilai perusahaan tetapi mampu memoderasi pengaruh Tata Kelola (Governance disclosure score) terhadap nilai perusahaan.
Keywords : Corporate Social Responsibility, Firm Value, Environmental Disclosure Score, Social Disclosure Score,Profitability., Corporate Social Resposnibility, Kinerja Lingkungan, Kinerja Sosial, Tata Kelola, ROA, Nilai Perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ina Alfira Riski
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:43
Last Modified: 29 Aug 2023 03:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item
View Item