ARIANENDA, Athariq Evan and RATMONO, Dwi,(20 July 2023), PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN RELEVANSI NILAI LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018- 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (24kB)
Download (24kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (328kB)
Download (328kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (249kB)
Download (249kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pandemi covid-19 terhadap manajemen laba dan relevansi nilai laba pada perusahaan consumer goods di Indonesia tahun 2018-2021. Variabel independen yang digunakan adalah pandemi covid-19. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba dan relevansi nilai laba. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pandemi covid-19 berpengaruh terhadap manajemen laba dan pandemi covid-19 berpengaruh negatif terhadap relevansi nilai laba.
Penelitian ini menggunakan sampel dari 43 perusahaan consumer goods di Indonesia yang menyajikan laporan keuangannya pada situs IDX dan yahoo finance dalam kurun waktu tahun 2018-2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Dalam menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan analis regresi data panel sebagai pengujian utama dan analisis regresi berganda dan sederhana sebagai analisis tambahan untuk menguji kenaikan dan penurunan relevansi nilai laba melalui estimasi pengurangan antara nilai adjusted R2 kedua model yang terdapat dalam model persamaan Collins.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi covid-19 berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba dan relevansi nilai laba. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perusahaan terbukti melakukan manajemen laba dengan cara menurunkan labanya pada tahun terjadinya pandemi covid-19 dan pandemi covid-19 mengurangi relevansi nilai laba sebagai informasi akuntansi.
Keywords : | earnings management, value relevance of earnings, covid-19 pandemic, manajemen laba, relevansi nilai laba, pandemi covid-19 |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Athariq Evan Arianenda |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:55 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:55 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13388 |