WAKHIDA, Siti Fahmiyani and MARWINI, Marwini,(22 September 2023), ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS, LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN CITRA MEREK ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH (Studi pada Mahasiswa Muslim Universitas Umum Negeri di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (26kB)
Download (26kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (56kB)
Download (56kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (57kB)
Download (57kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (203kB)
Download (203kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (82kB)
Download (82kB)
Text (Fulltext PDF Bookmark)
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam,namun masyarakat yang menjadi nasabah perbankan syariah masih tergolong sedikit. Hal ini juga disebabkan indeks literasi keuangan syariah masyarakat Indonesia masih sangat rendah, sehingga untuk meningkatkan keputusan masyarakat menggunakan produk perbankan, perlunya bank syariah dalam menciptakan citra yang baik kepada nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi keuangan syariah dan citra merek islam terhadap keputussan mahasiswa bertransaksi di bank syariah (studi pada mahasiswa muslim universitas umum negeri di Jawa Tengah).
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa muslim di universitas umum negeri di Jawa Tengah. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online yang sesuai dengan kriteria penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial religiusitas dan literasi keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap keputusan bertransaksi di bank syariah, sementara citra merek islam secara persial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertansaksi di bank syariah. Secara simultan religiusitas, literasi keuangan syariah dan citra merek islamberpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan bertransaksi di bank syariah. Nilai R squere sebesar 0,687 menunjukkan bahwa 68,7% keputusan bertransaksi di bank syariah dijelaksan oleh variabel independen dan sisanya sebesar 31,3 % dijelaksan oleh faktor lain diluar penelitian.
Keywords : | religiosity, islamic financial literacy, islamic brand image, transaction decisions, islamic banks, religiusitas, literasi keuangan syariah, citra merek islam, keputusan bertransaksi, bank syariah |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Siti Fahmiyani Wakhida |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 06:42 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 06:43 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13435 |