PENGARUH KONSISTENSI ULASAN, KUANTITAS ULASAN, DAN VALENSI ULASAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE DENGAN SIKAP PADA PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang)

DJAJAKUSUMAH, Baron Ariatama and MAHFUDZ, Mahfudz,(18 September 2023), PENGARUH KONSISTENSI ULASAN, KUANTITAS ULASAN, DAN VALENSI ULASAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE DENGAN SIKAP PADA PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (333kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (376kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan internet yang saat ini semakin meningkat berdampak pada berubahnya pola transaksi jual beli dimasyarakat. Transaksi jual beli yang semula dilakukan secara offline, sekarang mulai beralih ke online yaitu salah satunya e�commerce. Dalam e-commerce, informasi suatu produk sangat terbatas sehingga ulasan konsumen merupakan salah satu faktor penting dalam mempengaruhi minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Konsistensi Ulasan, Kuantitas Ulasan, Valensi Ulasan, dan Minat Beli Online dengan Sikap pada Produk sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Tokopedia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling pada pengumpulan datanya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang merupakan pengguna Tokopedia yang pernah membeli dan membaca ulasan produk. Dalam tujuh hipotesis yang diuji menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan menggunakan software AMOS 24 Hasil penelitian menunjukan bahwa dari tujuh hipotesis yang diajukan, seluruh hipotesis dapat diterima. Seluruh hipotesis yang diterima adalah: hipotesis 1 (terdapat pengaruh positif antara konsistensi ulasan terhadap minat beli online), hipotesis 2 (terdapat pengaruh positif antara kuantitas ulasan terhadap minat beli online), hipotesis 3 (terdapat pengaruh positif antara valensi ulasan terhadap minat beli online), hipotesis 4 (terdapat pengaruh positif antara sikap pada produk terhadap minat beli online), dan hipotesis 5 (terdapat pengaruh positif antara konsistensi ulasan terhadap sikap pada produk) hipotesis 6 (terdapat pengaruh positif antara kuantitas ulasan terhadap sikap pada produk), hipotesis 7 (terdapat pengaruh positif antara valensi ulasan terhadap sikap pada produk).
Keywords : Reviews Consistency, Reviews Quantity, Reviews Valence, Attitude towards Product, Online Purchase Intentions, Konsistensi ulasan, Kuantitas Ulasan, Valensi Ulasan, Sikap pada Produk, Minat Beli Online
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Baron Ariatama Djajakusumah
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:16
Last Modified: 03 Oct 2023 02:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13452

Actions (login required)

View Item
View Item