ANALISIS PERBANDINGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM BERDONASI BERDASARKAN JENIS AGAMA (Studi Kasus: Mahasiswa Beragama Islam dan Kristen di Kota Semarang)

RAJENDRA, Muhammad Raditya and AMINATA, Jaka,(26 October 2023), ANALISIS PERBANDINGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM BERDONASI BERDASARKAN JENIS AGAMA (Studi Kasus: Mahasiswa Beragama Islam dan Kristen di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (140kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (218kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan masih menjadi isu yang krusial di Indonesia. Padahal anggaran perlindungan sosial yang dikeluarkan pemerintah cukup tinggi namun masih belum dapat menurunkan tingkat kemiskinan secara signifikan. Bahkan, tingkat kemiskinan di Indonesia masih lebih tinggi dari beberapa negara di Asia Tenggara. Fakta tersebut menunjukkan bahwa diperlukan alternatif lain guna menjadi solusi dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Di sisi lain, Indonesia merupakan negara paling dermawan di dunia pada tahun 2022 menurut Charities Aid Foundation. Data tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki semangat berdonasi yang tinggi. Hal ini dibarengi dengan potensi zakat infak sedekah yang besar namun masih minim dalam realisasi penghimpunannya. Dengan demikian, demi menurunkan tingkat kemiskinan serta memaksimalkan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia, menarik untuk diteliti faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan dalam berdonasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa di Kota Semarang dalam berdonasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan pengujian data menggunakan software SPSS Statistics 26. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa beragama Islam dan mahasiswa beragama Kristen Kota Semarang sebanyak 200 orang dan metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang sesuai kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel religiusitas, pendapatan, dan perspektif norma berpengaruh signifikan terhadap keputusan berdonasi responden beragama Islam dan Kristen. Secara parsial variabel pendapatan dan perspektif norma berpengaruh signifikan terhadap keputusan berdonasi responden beragama Islam. Variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap keputusan berdonasi responden beragama Islam. Untuk responden beragama Kristen, variabel religiusitas dan perspektif norma secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berdonasi. Variabel pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan berdonasi responden beragama Kristen.
Keywords : Donation, Islam, Christianity, decision, religiosity, income, norm perspective., Donasi, Islam, Kristen, keputusan, religiusitas, pendapatan, perspektif norma.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Raditya Rajendra
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:13
Last Modified: 29 Nov 2023 01:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item
View Item