ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) , DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014 - 2018)

SEPTIVIARDI, Disha and CHABACHIB, Mochammad,(28 November 2019), ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) , DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014 - 2018). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12010115120021.pdf] Text - Published Version
Download (118kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12010115120021.pdf] Text - Published Version
Download (86kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12010115120021.pdf] Text - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12010115120021.pdf] Text - Published Version
Download (109kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12010115120021.pdf] Text - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010115120021.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, investment opportunity set (IOS), dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari data keuangan bloomberg dan website resmi Indonesian Stock Exchange. Data yang digunakan berupa data laporan keuangan perusahaan manufaktur tahun 2014-2018. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini. Terdapat 167 perusahaan manufaktur di Indonesia, didapatkan 24 perusahaan manufaktur yang dijadikan sampel dalam penelitian. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis melalui uji F, variabel SIZE,IOS,Sales Growth, dan DER secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Uji t membuktikan bahwa SIZE dan Sales Growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap DER. Variabel IOS berpengaruh negatif signifikan terhadap DER. Variabel SIZE, IOS,dan DER berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel sales growth berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini, DER hanya dapat memediasi SIZE terhadap nilai perusahaan.
Keywords : firm size, IOS, sales growth, capital structure, firm value, UNSPECIFIED
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:08
Last Modified: 08 Jan 2020 03:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item
View Item