ANALISIS PREFERENSI MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN TABUNGAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Universitas Diponegoro)

WIDYANTI, Dewi and HAYATI, Banatul,(12 December 2023), ANALISIS PREFERENSI MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN TABUNGAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (299kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (394kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sistem perbankan yang berlaku di Indonesia terdiri dari perbankan konvensional dan syariah. Sistem yang dijalankan oleh bank konvensional menggunakan bunga, sedangkan bank syariah menggunakan sistem bagi hasil. Masyarakat Indonesia mayoritas memeluk Agama Islam sehingga menjadikan bank syariah memiliki target pasar yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor religiusitas, pelayanan, citra perusahaan, lokasi, dan margin/bagi hasil terhadap preferensi mahasiswa dalam Penggunaan Tabungan Perbankan Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling, bagi sampel dari populasi yang memenuhi syarat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dengan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro program studi Ekonomi Islam. Metode penelitian menggunakan analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel religiusitas, pelayanan, citra perusahaan, dan lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap probabilitas preferensi mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro dalam penggunaan tabungan perbankan syariah. Sedangkan variabel margin bagi hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Diponegoro dalam penggunaan tabungan perbankan syariah. Hasil penelitian secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap preferensi mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro dalam penggunaan tabungan bank syariah.
Keywords : Keywords: Islamic banks, Conventional banks, Religiosity, Service, Corporate Image, Location, Margin profit sharing. Kata kunci: bank syariah, bank konvensional,, religiusitas, pelayanan, citra perusahaan, lokasi, margin bagi hasil.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Dewi Widyanti
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:09
Last Modified: 22 Dec 2023 08:09
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13673

Actions (login required)

View Item
View Item