ANALISIS MODEL BISNIS UNTUK BRAND SKINCARE DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Brand Lamooi Beautycare)

OKTAVANI, Tiara Siska and RAHARDJO, Susilo Toto,(28 December 2023), ANALISIS MODEL BISNIS UNTUK BRAND SKINCARE DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Brand Lamooi Beautycare). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of COVER] Text (COVER) - Published Version
Download (93kB)
[thumbnail of ABSTRAK (INGGRIS)] Text (ABSTRAK (INGGRIS)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of ABSTRAK (INDONESIA)] Text (ABSTRAK (INDONESIA)) - Published Version
Download (151kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI] Text (DAFTAR ISI) - Published Version
Download (225kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of FullText PDF Bookmarks] Text (FullText PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis model bisnis Lamooi Beautycare, pemain baru di industri perawatan kulit yang sangat kompetitif. Meskipun mendapat pengakuan positif dari pelanggan, Lamooi Beautycare menghadapi tantangan untuk membentuk keunggulan kompetitif di tengah pasar perawatan kulit yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi industri perawatan kulit saat ini dan merumuskan strategi pengembangan bisnis yang meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini, informan yang digunakan sebagai subjek penelitian adalah Perusahaan/Brand Kecantikan, yaitu Lamooi Beautycare, dengan responden, yaitu pemilik merek kecantikan yang akan diteliti, manajer. Kerangka Resource-Based View (RBV) akan digunakan untuk menganalisis faktor internal, dilengkapi dengan kerangka Five Forces Porter untuk analisis faktor eksternal. Selain itu, penelitian ini akan menggabungkan Business Model Canvas (BMC) untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis yang komprehensif. Melalui analisis ini, penelitian bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika industri perawatan kulit, mengevaluasi faktor-faktor kritis yang memengaruhi kesuksesan Lamooi Beautycare, dan mengembangkan strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif. Dengan memahami lebih baik faktor internal dan eksternal, diharapkan Lamooi Beautycare dapat mengoptimalkan potensi internalnya, memanfaatkan peluang pasar, dan menghadapi tantangan kompetitif, dengan akhirnya mewujudkan visi dan misinya sambil memperluas bisnisnya di era yang sangat kompetitif ini. Strategi yang sudah atau sedang diimplementasikan oleh pemilik Brand Lamooi Beautycare sesuai dengan sembilan elemen dalam Business Model Canvas, yaitu, Segmen Pelanggan, Proposisi Nilai, Hubungan Pelanggan, dan Sumber Daya Kunci.
Keywords : business model, skincare brand, resources based view, five forces porter, competitive advantage., model bisnis, merek perawatan kulit, resource-based view, five forces porter, keunggulan kompetitif.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Tiara Siska Oktavani
Date Deposited: 10 Jan 2024 09:08
Last Modified: 10 Jan 2024 09:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13802

Actions (login required)

View Item
View Item