ANALISIS STATISTIK PENYEBAB PERUBAHAN PERILAKU DALAM PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI CONTACTLESS PAYMENT DI SOLO RAYA

ARDIANA, Vina and DIRGANTARA, I Made Bayu,(16 January 2024), ANALISIS STATISTIK PENYEBAB PERUBAHAN PERILAKU DALAM PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI CONTACTLESS PAYMENT DI SOLO RAYA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (169kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (244kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan rumusan masalah yang ada di Solo Raya yaitu menyelidiki pengaruh dari PEOU, perceived usefulness, service security dapat memengaruhi perceived value dan user satisfaction pada saat menggunakan QRIS sebagai alat transaksi; pengaruh user satisfaction dan perceived value terhadap habit, continuous usage, dan WOM. Penelitian ini dilakukan di Solo Raya dan menggunakan sebanyak 300 responden pengguna QRIS. Teori yang digunakan yaitu Technology Acceptane Model (TAM). Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dikemas dalam bentuk google form, kemudian disebarkan secara online. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) edisi 3. Penelitian ini menggunakan delapan variabel yaitu perceived ease of use, perceived usefulness, service security, perceived value, user satisfaction, habit, continuous usage, dan word of mouth. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, dan service security dapat memengaruhi perceived value dan user satisfaction. Secara langsung perceived value dan user satisfaction dapat memengaruhi habit, continuous usage, dan word of mouth. Begitu pun juga secara tidak langsung perceived value dan user satisfaction dapat memengaruhi word of mouth melalui continuous usage dan habit. Pengguna yang merasakan kepuasan dan mendapatkan nilai dari mengadopsi QRIS akan menciptakan kebiasaan yang kemudian dilakukan secara terus-menerus dalam jangka panjang. Perilaku menggunakan secara terus-menerus tersebut, dapat mendorong mereka untuk berbagi pengalaman QRIS kepada orang terdekatnya dan kemudian mengajak untuk mengadopsi QRIS.
Keywords : technology acceptance model, quick response code Indonesian standard, perceived ease of use, perceived usefulness, service security, perceived value, user satisfaction, habit, continuous usage, word of mouth, contactless payment, technology acceptance model, quick response code Indonesian standard, perceived ease of use, perceived usefulness, service security, perceived value, user satisfaction, habit, continuous usage, word of mouth, contactless payment
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Vina Ardiana
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:02
Last Modified: 24 Jan 2024 04:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13822

Actions (login required)

View Item
View Item