ARDIANA, Vina and DIRGANTARA, I Made Bayu,(16 January 2024), ANALISIS STATISTIK PENYEBAB PERUBAHAN PERILAKU DALAM PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI CONTACTLESS PAYMENT DI SOLO RAYA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (37kB)
Download (37kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (47kB)
Download (47kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (47kB)
Download (47kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (169kB)
Download (169kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (244kB)
Download (244kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan rumusan masalah yang ada di
Solo Raya yaitu menyelidiki pengaruh dari PEOU, perceived usefulness, service
security dapat memengaruhi perceived value dan user satisfaction pada saat
menggunakan QRIS sebagai alat transaksi; pengaruh user satisfaction dan
perceived value terhadap habit, continuous usage, dan WOM. Penelitian ini
dilakukan di Solo Raya dan menggunakan sebanyak 300 responden pengguna
QRIS. Teori yang digunakan yaitu Technology Acceptane Model (TAM). Teknik
yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner dikemas dalam bentuk google form, kemudian disebarkan
secara online. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan Structural
Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) edisi 3. Penelitian ini
menggunakan delapan variabel yaitu perceived ease of use, perceived usefulness,
service security, perceived value, user satisfaction, habit, continuous usage, dan
word of mouth.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived ease of use,
perceived usefulness, dan service security dapat memengaruhi perceived value dan
user satisfaction. Secara langsung perceived value dan user satisfaction dapat
memengaruhi habit, continuous usage, dan word of mouth. Begitu pun juga secara
tidak langsung perceived value dan user satisfaction dapat memengaruhi word of
mouth melalui continuous usage dan habit. Pengguna yang merasakan kepuasan
dan mendapatkan nilai dari mengadopsi QRIS akan menciptakan kebiasaan yang
kemudian dilakukan secara terus-menerus dalam jangka panjang. Perilaku
menggunakan secara terus-menerus tersebut, dapat mendorong mereka untuk
berbagi pengalaman QRIS kepada orang terdekatnya dan kemudian mengajak
untuk mengadopsi QRIS.
Keywords : | technology acceptance model, quick response code Indonesian standard, perceived ease of use, perceived usefulness, service security, perceived value, user satisfaction, habit, continuous usage, word of mouth, contactless payment, technology acceptance model, quick response code Indonesian standard, perceived ease of use, perceived usefulness, service security, perceived value, user satisfaction, habit, continuous usage, word of mouth, contactless payment |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Vina Ardiana |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 04:02 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 04:02 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13822 |