KIRANA, Firda Rozza Ika and YOESTINI, Yoestini,(20 March 2024), ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI E-COMMERCE DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (20kB)
Download (20kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (118kB)
Download (118kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (174kB)
Download (174kB)
Text (Fulltext PDF Booksmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi di Indonesia memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan ekonomi salah satunya mempermudah kegiatan jual-beli dengan menggunakan e-commerce. E-commerce membantu konsumen untuk membeli produk tanpa harus datang ke toko secara langsung dan juga membantu perusahaan untuk memasarkan produknya. Salah satu perusahaan yang memasarkan produknya melalui e-commerce adalah Somethinc. Somethinc memproduksi berbagai macam produk yang berguna untuk mengatasi permasalahan wajah, kulit dan rambut. Dalam dunia pemasaran celebrity endorsement sering digunakan sebagai strategi untuk meyakinkan calon konsumen. Selain itu online customer review dan service quality juga berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
Penelitian ini dilakukan terhadap 138 responden yang merupakan konsumen Somethinc di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling yang mana data dikumpulkan melalui hasil kuesioner google form yang memiliki skala likert 1-7. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap trust. Selain itu ditemukan bahwa online customer review dan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa trust tidak mampu memediasi celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian. Tetapi trust memediasi pengaruh antara online customer review dan service quality terhadap keputusan pembelian.
Keywords : | Celebrity Endorsement, Online Customer Review, Service Quality, Trust, Keputusan Pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Firda Rozza Ika Kirana |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 02:32 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 02:32 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14019 |