ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI E-COMMERCE DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang)

KIRANA, Firda Rozza Ika and YOESTINI, Yoestini,(20 March 2024), ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI E-COMMERCE DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (20kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (118kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (174kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Booksmarks] Text (Fulltext PDF Booksmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan ekonomi salah satunya mempermudah kegiatan jual-beli dengan menggunakan e-commerce. E-commerce membantu konsumen untuk membeli produk tanpa harus datang ke toko secara langsung dan juga membantu perusahaan untuk memasarkan produknya. Salah satu perusahaan yang memasarkan produknya melalui e-commerce adalah Somethinc. Somethinc memproduksi berbagai macam produk yang berguna untuk mengatasi permasalahan wajah, kulit dan rambut. Dalam dunia pemasaran celebrity endorsement sering digunakan sebagai strategi untuk meyakinkan calon konsumen. Selain itu online customer review dan service quality juga berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan terhadap 138 responden yang merupakan konsumen Somethinc di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling yang mana data dikumpulkan melalui hasil kuesioner google form yang memiliki skala likert 1-7. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap trust. Selain itu ditemukan bahwa online customer review dan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa trust tidak mampu memediasi celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian. Tetapi trust memediasi pengaruh antara online customer review dan service quality terhadap keputusan pembelian.
Keywords : Celebrity Endorsement, Online Customer Review, Service Quality, Trust, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Firda Rozza Ika Kirana
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:32
Last Modified: 26 Mar 2024 02:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item
View Item