PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KETERIKATAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi di PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama Kabupaten Tuban)

PUTRI, Muflia Intan and DARMASTUTI, Ismi,(8 March 2024), PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KETERIKATAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi di PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama Kabupaten Tuban). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (61kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (61kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (209kB)
[thumbnail of Full Text PDF Bookmarks] Text (Full Text PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan Perusahaan atau organisasi dtentukan oleh peran dari sumber daya manusia kompeten. Sumber daya tersebutmemiliki peran strategis dalam memajukan dan mengembangkan perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada karyawan perusahaan pengolahan minyak yaitu di PT-Trans-Pacific Petrochemical Indotama Tuban (PT. TPPI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi organizational citizenship behaviour (OCB). Adanya inkonstensi hasil penelitian sebelumnya menjadi landasan dalam penelitian berkaitan dengan hubungan komitmen organisasi dan OCB. Selain itu, terdapat variabel keterikatan karyawan sebagai mediasi untuk mengetahui peran secara tidak langsung dalam keterkaitannya dengan pengaruh komitmen organisasi terhadap OCB. Populasi pada penelitian yaitu seluruh karyawan di PT. TPPI Tuban bagian produksi. Sampel yang digunakan adalah karyawan tetap, melibatkan 157 responden dengan teknik Sensus Method. Menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS4. Data disebar melalui kuesioner tertulis kepada responden kemudian di input secara manual ke microsoft excel untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan komitmenn organisasi berpengaruh positif pada OCB dan keterikatan karyawan. Kemudian keterikatan karyawan berpengaruh positif terhadap OCB. Selain itu, hasil menunjukkan keterikatan karyawan berhasil memediasi hubungan antara komitmen organisasi dan OCB.
Keywords : Organizational citizenship behaviour, Organizational Commitment, Employee Engagement., Organizational citizenship behaviour, Komitmen Organisasi, Keterikatan Karyawan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muflia Intan Putri
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:58
Last Modified: 26 Mar 2024 09:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14035

Actions (login required)

View Item
View Item