Analisis Pengendalian Stabilitas Perekonomian Indonesia Berbasis Transmisi Kebijakan Moneter Melalui Jalur Suku Bunga

POLEM, Ahmad Satria and FIRMANSYAH, Firmansyah,(4 April 2024), Analisis Pengendalian Stabilitas Perekonomian Indonesia Berbasis Transmisi Kebijakan Moneter Melalui Jalur Suku Bunga. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (215kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (182kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (282kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (293kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (318kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana transmisi kebijakan moneter mampu menciptakan kestabilan perekonomian dalam jangka pendek dan jangka panjang di Indonesia. Variabel-variabel dalam transmisi kebijakan moneter dibagi berdasarkan sasaran operasional, sasaran antara, dan sasaran akhir. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan rentan waktu penelitian 1995 – 2021. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan VECM (Vector Error Correction Model) untuk mengetahui respon stabilitas perekonomian terhadap shock yang tercipta dari variabel ekonomi dalam transmisi kebijakan moneter. Hasil analisis FEVD (Forecast Error Variance Decomposition) menampilkan stabilitas harga dan stabilitas output bersifat strongly endogenous. Pada IRF (Impulse Response Function), shock dari inflasi itu sendiri, bunga kebijakan, dan bunga kredit akan memberikan efek positif terhadap stabilitas harga, kemudian shock dari PDB (Produk Domestik Bruto), konsumsi, investasi, dan bunga deposito akan memberikan efek asimetris terhadap inflasi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Sementara shock dari inflasi, suku bunga kebijakan, dan suku bunga kredit akan memberikan efek negatif terhadap stabilitas output kemudian shock dari variabel itu sendiri, konsumsi, investasi, dan bunga deposito akan memberikan efek positif terhadap PDB baik dalam jangka pendek dan jangka panjang.
Keywords : Economic Stability, Monetary Policy, Price Stability, Output Stability, VECM (Vector Error Correction Model), Stabilitas Perekonomian, Kebijakan Moneter, Stabilitas Harga, Stabilitas Output, VECM (Vector Error Correction Model)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Ahmad Satria Polem
Date Deposited: 02 May 2024 07:42
Last Modified: 02 May 2024 07:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item
View Item