PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UKM Bidang Kuliner di Semarang)

PUTRI, Tiara Rimadhani and HIDAYATI, Retno,(28 May 2024), PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UKM Bidang Kuliner di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (33kB)
[thumbnail of Abstrak (inggris)] Text (Abstrak (inggris)) - Published Version
Download (327kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (328kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (594kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (385kB)
[thumbnail of Full text PDF Bookmarks] Text (Full text PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis pada UKM Kuliner di Kota Semarang, dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan populasi penelitian terdiri dari seluruh usaha kecil menengah di sektor kuliner di Kota Semarang, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sample. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) melalui software AMOS 26. SEM membantu menganalisis hubungan antar variabel dalam model teoritis dan terdiri dari dua tahapan, yaitu measurement model dan structural model. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan, dan orientasi pasar memiliki pengaruh positif terhadap kinerja bisnis Kuliner di Kota Semarang.
Keywords : Entrepreneurial orientation, market orientation, competitive advantage, business performance., Orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, keunggulan kompetitif, kinerja bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Tiara Rimadhani Putri
Date Deposited: 05 Jun 2024 10:28
Last Modified: 05 Jun 2024 10:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14227

Actions (login required)

View Item
View Item