DAYA UNGKIT DIVERSIFIED VIRAL MARKETING PADA KINERJA UKM EKONOMI KREATIF

PRASWATI, Aflit Nuryulia and FERDINAND, Augusty Tae and SUKRESNA, I Made,(27 March 2024), DAYA UNGKIT DIVERSIFIED VIRAL MARKETING PADA KINERJA UKM EKONOMI KREATIF. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (350kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Transformasi digital menjadi suatu keharusan bagi perusahaan yang ingin menjaga keberlanjutan usahanya. Digitalisasi melalui e-commerce menjadi sumber kekuatan perusahaan dalam melakukan perluasan pasar. Namun, ada fakta yang berbeda di mana e-commerce implementation tidak selalu memengaruhi kinerja perusahaan. hal ini menciptakan ruang untuk penyelidikan lebih lanjut. Mengacu pada Resource Advantage Theory of Competition (RAToC), penelitian ini menggali perspektif baru mengenai sumber daya informasional dan relasional yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan perspektif RAToC untuk mengusulkan konsep diversified viral marketing sebagai upaya penyampaian nilai kepada konsumen yang terklasifikasi dalam beberapa kelompok potensial secara cepat dan meluas. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana kontribusi e-commerce implementation dalam meningkatkan kinerja perusahaan melalui diversifikasi pemasaran yang bersifat cepat dan luas. Tujuan penelitian ini adalah membangun model konseptual baru untuk memaksimalkan penerapan teknologi pemasaran dan mengatasi kesenjangan antara e-commerce implementation dan kinerja perusahaan. Model ini menguji peran e-commerce implementation, diversified viral marketing, operational ambidexterity, customer acquisition optimization, dan SMEs performance dengan menggunakan prosedur Structural Equation Modelling, 438 data responden diolah dan didapatkan bahwa kelima hipotesis diterima dan satu ditolak. Berdasarkan hasil penelitian hubungan mediasi dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang menerapkan diversified viral marketing dan customer acquisition optimization akan meningkatkan kinerja usaha. Penelitian ini memberikan penegasan pada RAToC dalam menjelaskan proses penggunaan sumber daya berupa hubungan informasional dan relasional bersifat speedy wide-spread yang mampu meningkatkan kinerja perusahaan.
Keywords : e-commerce implementation, customer acquisition optimization, diversified viral marketing, operational ambidexterity, performance, SMEs, e-commerce implementation, customer acquisition optimization, diversified viral marketing, operational ambidexterity, performance, UKM
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Aflit Nuryulia Praswati
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:59
Last Modified: 12 Jun 2024 03:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item
View Item