PRASWATI, Aflit Nuryulia and FERDINAND, Augusty Tae and SUKRESNA, I Made,(27 March 2024), DAYA UNGKIT DIVERSIFIED VIRAL MARKETING PADA KINERJA UKM EKONOMI KREATIF. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (31kB)
Download (31kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (46kB)
Download (46kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (350kB)
Download (350kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Transformasi digital menjadi suatu keharusan bagi perusahaan yang ingin menjaga keberlanjutan usahanya. Digitalisasi melalui e-commerce menjadi sumber kekuatan perusahaan dalam melakukan perluasan pasar. Namun, ada fakta yang berbeda di mana e-commerce implementation tidak selalu memengaruhi kinerja perusahaan. hal ini menciptakan ruang untuk penyelidikan lebih lanjut. Mengacu pada Resource Advantage Theory of Competition (RAToC), penelitian ini menggali perspektif baru mengenai sumber daya informasional dan relasional yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
Penelitian ini menggunakan perspektif RAToC untuk mengusulkan konsep diversified viral marketing sebagai upaya penyampaian nilai kepada konsumen yang terklasifikasi dalam beberapa kelompok potensial secara cepat dan meluas. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana kontribusi e-commerce implementation dalam meningkatkan kinerja perusahaan melalui diversifikasi pemasaran yang bersifat cepat dan luas. Tujuan penelitian ini adalah membangun model konseptual baru untuk memaksimalkan penerapan teknologi pemasaran dan mengatasi kesenjangan antara e-commerce implementation dan kinerja perusahaan.
Model ini menguji peran e-commerce implementation, diversified viral marketing, operational ambidexterity, customer acquisition optimization, dan SMEs performance dengan menggunakan prosedur Structural Equation Modelling, 438 data responden diolah dan didapatkan bahwa kelima hipotesis diterima dan satu ditolak. Berdasarkan hasil penelitian hubungan mediasi dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang menerapkan diversified viral marketing dan customer acquisition optimization akan meningkatkan kinerja usaha. Penelitian ini memberikan penegasan pada RAToC dalam menjelaskan proses penggunaan sumber daya berupa hubungan informasional dan relasional bersifat speedy wide-spread yang mampu meningkatkan kinerja perusahaan.
Keywords : | e-commerce implementation, customer acquisition optimization, diversified viral marketing, operational ambidexterity, performance, SMEs, e-commerce implementation, customer acquisition optimization, diversified viral marketing, operational ambidexterity, performance, UKM |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Aflit Nuryulia Praswati |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:59 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14258 |