ANALISIS SPASIAL DAMPAK INFRASTRUKTUR TERHADAP PEREKONOMIAN DAERAH & DISPARITAS REGIONAL (Studi Kasus 32 Provinsi tahun 2006 - 2015 & Indonesia tahun 1985 - 2015)

LESTARI, Siti Nur Intan and SASANA, Hadi,(7 January 2019), ANALISIS SPASIAL DAMPAK INFRASTRUKTUR TERHADAP PEREKONOMIAN DAERAH & DISPARITAS REGIONAL (Studi Kasus 32 Provinsi tahun 2006 - 2015 & Indonesia tahun 1985 - 2015). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. s - Cover - 12030113120074.pdf] Text - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12030113120074.pdf] Text - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12030113120074.pdf] Text - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12030113120074.pdf] Text - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12030113120074.pdf] Text - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12020114130135.pdf] Text - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi sering kali dianggap sebagai patokan utama kondisi perekonomian, sedangkan masalah perekonomian bukan hanya mengenai tentang jumlah PDB, karena bisa saja nilai PDB yang besar, namun sebagian besar dari nilai pendapatan yang besar tersebut hanya dinikmati oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia, atau bisa jadi nilai PDB yang besar hanya terpusat di beberapa daerah tertentu seperti di Pulau Jawa dan Sumatera. Permasalahan utama dalam pembangunan infrastruktur adalah biaya yang terbatas dan dampaknya yang baru akan terlihat dalam jangka panjang, karena itu suatu negara harus memilih antara pertumbuhan ekonomi atau mengurangi ketimpangan dimana jika suatu negara harus memilih pembangunan di lokasi strategis untuk meningkatkan perekonomian atau melakukan pembangunan di daerah tertinggal untuk mengurangi ketimpangan. Penelitian ini menggunakan metode regresi panel berganda GLS dan regresi spasial durbin model untuk mengetahui dampak infrastruktur ekonomi yang diwakili oleh Panjang Jalan, Bongkar Muat dan Listrik serta FDI terhadap Perekonomian Daerah yang digambarkan melalui PDRB pada 32 Provinsi tahun 2006 – 2015. dan menggunakan metode HAC (Heteroskedasticity and Autocorrelation Consistent Standard Errors) dalam meneliti dampak infrastruktur ekonomi terhadap Indeks Williamson Indonesia periode 1985 – 2015. Hasil pada penelitian menunjukan bahwa infrastruktur panjang jalan, bongkar muat kapal, dan listrik memiliki dampak positif dan signifikan terhadap perekonomian daerah namun tidak memiliki dampak yang signifikan dalam mempengaruhi ketimpangan antar provinsi. Foreign Direct Investment memiliki dampak positif dan signifikan terhadap perekonomian daerah dan berpengaruh negatif secara signifikan terhadap ketimpangan antar provinsi. Sedangkan keterkaitan spasial antar daerah ditunjukkan oleh variabel Panjang Jalan, Listrik dan FDI yang berkorelasi positif terhadap perekonomian daerah di sekitarnya.
Keywords : Infrastructure, Regional Disparity, HAC, Spatial Panel Durbin Model, Data Panel, Time Series,, Infrastruktur, Disparitas Regional, HAC, Spatial Panel Durbin Model, Data Panel, Time Series,
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Endhar Priyo Utomo
Date Deposited: 23 Jan 2020 01:37
Last Modified: 23 Jan 2020 02:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item
View Item