LESTARI, Siti Nur Intan and SASANA, Hadi,(7 January 2019), ANALISIS SPASIAL DAMPAK INFRASTRUKTUR TERHADAP PEREKONOMIAN DAERAH & DISPARITAS REGIONAL (Studi Kasus 32 Provinsi tahun 2006 - 2015 & Indonesia tahun 1985 - 2015). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan ekonomi sering kali dianggap sebagai patokan utama kondisi
perekonomian, sedangkan masalah perekonomian bukan hanya mengenai tentang
jumlah PDB, karena bisa saja nilai PDB yang besar, namun sebagian besar dari nilai
pendapatan yang besar tersebut hanya dinikmati oleh sebagian kecil masyarakat
Indonesia, atau bisa jadi nilai PDB yang besar hanya terpusat di beberapa daerah
tertentu seperti di Pulau Jawa dan Sumatera. Permasalahan utama dalam
pembangunan infrastruktur adalah biaya yang terbatas dan dampaknya yang baru
akan terlihat dalam jangka panjang, karena itu suatu negara harus memilih antara
pertumbuhan ekonomi atau mengurangi ketimpangan dimana jika suatu negara
harus memilih pembangunan di lokasi strategis untuk meningkatkan perekonomian
atau melakukan pembangunan di daerah tertinggal untuk mengurangi ketimpangan.
Penelitian ini menggunakan metode regresi panel berganda GLS dan regresi
spasial durbin model untuk mengetahui dampak infrastruktur ekonomi yang
diwakili oleh Panjang Jalan, Bongkar Muat dan Listrik serta FDI terhadap
Perekonomian Daerah yang digambarkan melalui PDRB pada 32 Provinsi tahun
2006 – 2015. dan menggunakan metode HAC (Heteroskedasticity and
Autocorrelation Consistent Standard Errors) dalam meneliti dampak infrastruktur
ekonomi terhadap Indeks Williamson Indonesia periode 1985 – 2015. Hasil pada
penelitian menunjukan bahwa infrastruktur panjang jalan, bongkar muat kapal, dan
listrik memiliki dampak positif dan signifikan terhadap perekonomian daerah
namun tidak memiliki dampak yang signifikan dalam mempengaruhi ketimpangan
antar provinsi. Foreign Direct Investment memiliki dampak positif dan signifikan
terhadap perekonomian daerah dan berpengaruh negatif secara signifikan terhadap
ketimpangan antar provinsi. Sedangkan keterkaitan spasial antar daerah
ditunjukkan oleh variabel Panjang Jalan, Listrik dan FDI yang berkorelasi positif
terhadap perekonomian daerah di sekitarnya.
Keywords : | Infrastructure, Regional Disparity, HAC, Spatial Panel Durbin Model, Data Panel, Time Series,, Infrastruktur, Disparitas Regional, HAC, Spatial Panel Durbin Model, Data Panel, Time Series, |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 01:37 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 02:01 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1428 |