PENGARUH VOLUNTARY AND FORCED COMPLIANCE TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pelaku UMKM di KPP Pratama Surakarta)

PRIMA, Trisna Caraka Putra and ATMANTI, Hastarini Dwi,(6 June 2024), PENGARUH VOLUNTARY AND FORCED COMPLIANCE TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pelaku UMKM di KPP Pratama Surakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (168kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh voluntary and forced compliance terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Surakarta. Variabel voluntary compliance terdiri dari pengetahuan perpajakan, keadilan pajak, peluang tax evasion, kualitas fiskus, sedangkan forced complianceterdiri dari sanksi pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah para wajib pajak orang pribadi (WP OP) yang ada di KPP Pratama Surakarta. Tidak semua WP OP efektif ini menjadi obyek dalam penelitian ini karena jumlahnya sangat besar dan guna efisiensi waktu dan biaya. Oleh sebab itu dilakukan pengambilan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel ditentukan 100 orang. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 23. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa pengetahuan pajak, keadilan pajak, kualitas fiskus, dan sanksi pajak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepatuhan tingkat kepatuhan WP OP, sedangkan peluang tax evasion memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap kepatuhan tingkat kepatuhan WP OP.
Keywords : Compliance of Individual Taxpayers, tax knowledge, tax fairness, opportunities for tax evasion, tax authority quality, tax penalties., Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, pengetahuan perpajakan, keadilan pajak, peluang tax evasion, kualitas fiskus, sanksi pajak.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Trisna Caraka Putra Prima
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:30
Last Modified: 20 Jun 2024 07:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item
View Item