PENGARUH KARAKTERISTIK KETUA KOMITE AUDIT TERHADAP PILIHAN AUDITOR, AUDIT FEE, DAN KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)

SIREGAR, Addinulsyah and ROHMAN, Abdul,(12 June 2024), PENGARUH KARAKTERISTIK KETUA KOMITE AUDIT TERHADAP PILIHAN AUDITOR, AUDIT FEE, DAN KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (182kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik ketua komite audit yang terdiri dari gender, keahlian, rangkap jabatan, dan masa jabatan terhadap keputusan tentang pilihan auditor, audit fee, dan kualitas audit. Variabel dependen dalam penelitian adalah pilihan auditor, audit fee, dan kualitas audit.Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari gender ketua komite audit, keahlian ketua komite audit, rangkap jabatan ketua komite audit, dan masa jabatan ketua komite audit. Selain itu, variabel kontrol yang digunakan meliputi ukuran komite audit, gender anggota komite audit, ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kerugian perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan nonkeuangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam periode tahun 2019-2022. Jumlah seluruh sampel akhir yang digunakan dalam penelitian ini adalah 781 pengamatan tahun perusahaan (firm-year observation). Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling dengan syarat dan kriteria yang telah ditetapkan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa keahlian keuangan ketua komite audit berpengaruh negatif terhadap kualitas audit. Selanjutnya, hasil penelitian ini juga menunjukkan keahlian ketua komite audit berpengaruh terhadap pemilihan auditor dan penetapan audit fee oleh perusahaan. Selain itu, ukuran komite audit, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh positif terhadap pemilihan auditor dan penetapan audit fee. Profitabilitas hanya berpengaruh terhadap pemilihan auditor.
Keywords : audit committee chair, gender, expertise, multiple positions, characteristics of audit committee chair, choice of auditor, audit fee, audit quality., ketua komite audit, gender, keahlian, rangkap jabatan, karakteristik ketua komite audit, pilihan auditor, audit fee, kualitas audit.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Addinulsyah Siregar
Date Deposited: 21 Jun 2024 09:30
Last Modified: 21 Jun 2024 09:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14378

Actions (login required)

View Item
View Item