ANALISIS PENGARUH BUDGET, PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP PENGGUNA JASA WEDDING ORGANIZER SYARIAH DI INDONESIA

WIBOWO, Silvia Ferlin and ATMANTI, Hastarini Dwi,(30 May 2024), ANALISIS PENGARUH BUDGET, PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP PENGGUNA JASA WEDDING ORGANIZER SYARIAH DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Abstrak Inggris] Text (Abstrak Inggris) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak Indonesia] Text (Abstrak Indonesia) - Published Version
Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (130kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan. Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Hal ini mempengaruhi adat istiadat serta peraturan yang berlaku di Indonesia. Penyelenggaraan pesta pernikahan di setiap daerah pun berbeda-beda sesuai dengan adat dan tradisi yang berlaku di daerah masing-masing, namun tidak banyak yang mengetahui pesta pernikahan secara syar’i, sehingga untuk meningkatkan penggunaan jasa wedding organizer syar’i di Indonesia perlunya jasa wedding organizer syar’i mengutamakan penetapan harga, kualits pelayanan dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budget, pelayanan dan promosi terhadap pengguna jasa wedding organizer syar’i di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah customer yang telah menggunakan jasa wedding organizer syar’i di Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 215 responden dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online yang sesuai dengan kriteria penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, deteksi asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel budget tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa wedding organizer syar’i di Indonesia, variabel pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa wedding organizer syar’i di Indonesia dan variabel promosi secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa wedding organizer syar’i di Indonesia. Secara simultan variabel budget, pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen keputusan penggunaan jasa wedding organizer syar’i di Indonesia. Nilai R square sebesar 0,314%, menunjukkan bahwa 31,4% variabel independen memiliki pengaruh keputusan penggunaan jasa wedding organizer syar’i di Indonesia dan sisanya 68,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Keywords : Budget, Service, Promotion, Decision to Use and Sharia Wedding Organizer Services, Harga, Anggaran, Pelayanan, Promosi, Keputusan Penggunaan dan Jasa Wedding Organizer Syariah
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Silvia Ferlin Wibowo
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:19
Last Modified: 27 Jun 2024 04:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14500

Actions (login required)

View Item
View Item