PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN STRUKTUR KEPEMILIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar di BEI tahun 2017-2022)

PRASETYA, Muhammad Ilham and MUTMAINAH, Siti,(20 June 2024), PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN STRUKTUR KEPEMILIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar di BEI tahun 2017-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (234kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Accepted Version
Download (593kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (256kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya perusahaan bidang consumer goods yang ada di Indonesia mengakibatkan marak terjadinya tax avoidance atau penghindaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan. Corporate Social Responsibility adalah salah satu cara yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan praktik tindakan tax avoidance. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap tax avoidance. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Corporate Social Responsibility. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah tax avoidance serta struktur kepemilikan sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini menggunakan Perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2022. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Sesuai dengan kriteria yang telah dintentukan, dihasilkan sebanyak 28 perusahaan dengan tahun pengamatan selama 3 (tiga) tahun. Sehingga sampel final yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 168. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap penghindaran pajak, kepemilikan manajerial memperlemah hubungan antara Corporate Social Responsibility dan penghindaran pajak, kepemilikan institusional memperlemah hubungan antara Corporate Social Responsibility dan penghindaran pajak.
Keywords : Corporate Social Responsibility, Tax Avoidance, Ownership Structure., Corporate Social Responsibility, Penghindaran Pajak, Struktur Kepemilikan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Ilham Prasetya
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:35
Last Modified: 01 Jul 2024 01:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item
View Item