ENDI, Mohammad Makruf and RAHARJA, Edy,(21 June 2024), PENGARUH SOCIAL-CRM DAN DYNAMIC CAPABILITY TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN MODERASI TURBULENSI LINGKUNGAN BISNIS (Studi pada UKM Olahan Pangan di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (74kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (192kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (239kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (377kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (248kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini mengkaji peran Social Customer Relationship Management (Social-CRM) dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dan kemampuan dinamis di kalangan UKM di bidang olahan pangan Kota Semarang. Melalui analisis SEM-PLS, penelitian menguji hipotesis mengenai hubungan positif dan signifikan antara Sosial-CRM, dynamic capability, dan competitive advantage, serta efek moderasi dari environmental turbulence sebagai konstruksi penelitian. Temuan menegaskan bahwa Sosial-CRM memberikan kontribusi untuk competitive advantage baik secara langsung, maupun tidak langsung sebagai “driver” dynamic capability. Selain itu, environmental turbulence terbukti secara negatif memoderasi hubungan Social-CRM terhadap competitive advantage, menggarisbawahi pengaruhnya dalam konteks manajemen strategis. Secara teoritis, studi ini memperluas kerangka kemampuan dinamis dengan mengintegrasikan Social-CRM sebagai elemen penting. Secara manajerial, ini menunjukkan bahwa UKM di lingkungan yang bergejolak harus memprioritaskan pengembangan strategi Sosial-CRM dan kemampuan dinamisnya, untuk memandu UKM dalam mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan posisi kompetitif usaha mereka di lingkungan bisnis yang serba dinamis saat ini.
Keywords : | Social Customer Relationship Management (Social-CRM), Competitive Advantage, Dynamic Capabilities, Environmental Turbulence, SMEs Food Processing, Social Customer Relationship Management (Social-CRM), Competitive Advantage, Dynamic Capabilities, Environmental Turbulence, UKM Olahan Pangan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohammad Makruf Endi |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 04:35 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 04:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14648 |