PENGARUH SOCIAL-CRM DAN DYNAMIC CAPABILITY TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN MODERASI TURBULENSI LINGKUNGAN BISNIS (Studi pada UKM Olahan Pangan di Kota Semarang)

ENDI, Mohammad Makruf and RAHARJA, Edy,(21 June 2024), PENGARUH SOCIAL-CRM DAN DYNAMIC CAPABILITY TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN MODERASI TURBULENSI LINGKUNGAN BISNIS (Studi pada UKM Olahan Pangan di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (74kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (239kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (377kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (248kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran Social Customer Relationship Management (Social-CRM) dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dan kemampuan dinamis di kalangan UKM di bidang olahan pangan Kota Semarang. Melalui analisis SEM-PLS, penelitian menguji hipotesis mengenai hubungan positif dan signifikan antara Sosial-CRM, dynamic capability, dan competitive advantage, serta efek moderasi dari environmental turbulence sebagai konstruksi penelitian. Temuan menegaskan bahwa Sosial-CRM memberikan kontribusi untuk competitive advantage baik secara langsung, maupun tidak langsung sebagai “driver” dynamic capability. Selain itu, environmental turbulence terbukti secara negatif memoderasi hubungan Social-CRM terhadap competitive advantage, menggarisbawahi pengaruhnya dalam konteks manajemen strategis. Secara teoritis, studi ini memperluas kerangka kemampuan dinamis dengan mengintegrasikan Social-CRM sebagai elemen penting. Secara manajerial, ini menunjukkan bahwa UKM di lingkungan yang bergejolak harus memprioritaskan pengembangan strategi Sosial-CRM dan kemampuan dinamisnya, untuk memandu UKM dalam mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan posisi kompetitif usaha mereka di lingkungan bisnis yang serba dinamis saat ini.
Keywords : Social Customer Relationship Management (Social-CRM), Competitive Advantage, Dynamic Capabilities, Environmental Turbulence, SMEs Food Processing, Social Customer Relationship Management (Social-CRM), Competitive Advantage, Dynamic Capabilities, Environmental Turbulence, UKM Olahan Pangan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohammad Makruf Endi
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:35
Last Modified: 01 Jul 2024 04:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14648

Actions (login required)

View Item
View Item