PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN LEMBAGA, RELIGIUSITAS DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN BERWAKAF UANG ONLINE

FIKRI, Yusuf Rausyan and KAFABIH, An'im,(27 June 2024), PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN LEMBAGA, RELIGIUSITAS DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN BERWAKAF UANG ONLINE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (146kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Wakaf telah memainkan peran penting dalam sejarah Islam sejak zaman Nabi hingga awal abad ke-19, karena tujuan wakaf diarahkan untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan. Wakaf mencakup penyediaan layanan keagamaan, bantuan sosial ekonomi, pendidikan, hingga kegiatan lingkungan. Badan Wakaf Indonesia menaksir potensi wakaf di Indonesia mencapai angka 180 triliun rupiah per tahun. Namun, perolehan wakaf uang mencapai 1,4 triliun rupiah per Maret 2022. Hal ini menunjukan bahwa penggalangan wakaf di Indonesia masih belum optimal. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh pengetahuan, kepercayaan lembaga, religiusitas dan pendapatan terhadap keputusan berwakaf uang online. Populasi penelitian ini, adalah masyarakat muslim Kota Semarang yang sudah memiliki pendapatan. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling dengan menggunakan data primer. Pengambilan sampel dilakukan dengan penyebaran kuisioner dan memperoleh 180 responden. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukan variabel pengetahuan, religiusitas, dan pendapatan memiliki pengaruh simultan terhadap keputusan berwakaf uang online. Secara parsial variabel, pengetahuan, religiusitas, dan pendapatan berpengaruh positif signifikan, sedangkan variabel kepercayaan lembaga tidak berpengaruh pada keputusan berwakaf uang online.
Keywords : Knowledge, Institutional Trust, Religiosity, Income, Waqf Decision, Online Cash Waqf, Pengetahuan, Kepercayaan Lembaga, Religiusitas, Pendapatan, Keputusan Berwakaf, Wakaf Uang Online
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Yusuf Rausyan Fikri
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:33
Last Modified: 02 Jul 2024 08:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14679

Actions (login required)

View Item
View Item