PENGARUH STRATEGI BISNIS TERHADAP KINERJA TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DI INDONESIA TAHUN 2019 - 2022

KUMAEROH, Silvia Puspa and FAISAL, Faisal,(27 August 2024), PENGARUH STRATEGI BISNIS TERHADAP KINERJA TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DI INDONESIA TAHUN 2019 - 2022. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (242kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggirs)] Text (Abstrak (Inggirs)) - Published Version
Download (339kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (307kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (467kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (90kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (994kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena Corporate Social Responsibility (CSR) semakin penting dalam bisnis modern sebagai alat untuk meningkatkan reputasi dan sebagai respons tanggapan masyarakat yang menginginkan kontribusi sosial dan lingkungan. Menggunakan tipologi strategi Miles dan Snow, riset ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan strategi bisnis prospector, analyzer, dan defender terhadap kinerja CSR. Riset ini melibatkan metode kuantitatif analisis regresi data panel. Variabel dependen dalam riset ini adalah skor ESG sebagai proksi kinerja CSR, dengan variabel independen, yaitu tipe strategi bisnis. Populasi penelitian terdiri dari perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019 hingga 2022, dengan sampel sebanyak 80 perusahaan. Alat pengujian yang digunakan dalam riset ini adalah software STATA 17.0. Hasil riset menunjukkan bahwa prospector, analyzer berpengaruh positif terhadap kinerja CSR, sedangkan defender memiliki korelasi negatif signifikan terhadap kinerja CSR. Selain itu, kinerja CSR dengan menggunakan prospector lebih baik daripada analyzer dan defender. Secara bersama-sama, hasil riset menunjukkan bahwa strategi bisnis merupakan penentu penting kinerja CSR, serta menguatkan argumen bahwa prospector mengambil keuntungan dari CSR, karena dapat meningkatkan reputasi, serta lebih toleran terhadap ketidakpastian, dan risiko CSR.
Keywords : Corporate Social Responsibility, business strategy, prospector, analyzer, defender., Corporate Social Responsibility, strategi bisnis, prospector, analyzer, defender.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Silvia Puspa Kumaeroh
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:23
Last Modified: 04 Sep 2024 06:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15043

Actions (login required)

View Item
View Item